Saturday, June 20, 2015

Penjelasan Depresi dan Cara Mengatasinya

Hei pembaca, setelah sekian lama tidak posting, akhirnya saya kembali. Kali ini saya akan membicarakan depresi, dan cara mengatasinya.


Depresi itu apa?
Depresi adalah gangguan jiwa pd seseorang yang ditandai dengan perasaan yang merosot (spt muram, sedih, perasaan tertekan); keadaan dimana seseorang sedang sedih untuk waktu yang cukup lama sehingga mempengaruhi orang tersebut secara emosional dan psikologis.
            Siapa yang terkena depresi?
Setiap orang bisa saja mengalami depresi tanpa terkecuali.
            Kapan orang terkena depresi?
Depresi biasanya terjadi disaat orang baru saja mengalami pengalaman buruk atau sedih, seperti meninggalnya seorang kerabat ato keluarga, penolakan cinta, perpisahan,dsb.
            Mengapa orang mengalami depresi?
Depresi adalah reaksi psikologis dari dalam kita sendiri yang alami, Yang membedakan adalah cara setiap orang menanggapinya.
            Bagaimana cara menghilangkan depresi?

1.     Habiskan waktu dengan kegiatan yang bermanfaat

Jika waktu kita habiskan dengan bengong ato melamun, tak mengejutkan bahwa hal yang dipikirkan saat melamun adalah hal-hal negatif. Karena memang manusia pada dasarnya suka melebih-lebihkan pemikiran negatif sehingga lebih sering diambil bagian negatifnya. Untuk mengatasi ini, Habiskanlah waktu dengan kegiatan yang bermanfaat untuk melupakan pengalaman buruk yang menyebabkan depresi. Hal-hal yang bisa dilakukan berupa: Olahraga,Melakukan hobi,Bermain dengan binatang peliharaan,dll.
2.     Terimalah fakta bahwa yang berlalu biarkanlah berlalu

Sudah jelas, kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Jadi terima saja faktanya bahwa yang berlalu sudah berlalu. Jika kita gagal di masa lalu, fokuslah ke masa depan agar kegagalan itu tidak terulang. Jangan hanya memikirkan kegagalan di masa lalu yang justru akan membuat dirimu takut akan masa depan. Sekalinya kau gagal bukan berarti kau akan gagal terus-terusan.
3.     Curhat

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial, jadi tidak dapat hidup seorang diri. Untuk itu, kalian dapat melampiaskan rasa sedih kepada keluarga, atau alternatif lain berupa teman dekat. Bisa saja mereka membantu dirimu untuk senang kembali, atau bahkan memberikan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.
4.     Tidur

Depresi bisa diakibatkan juga karena kurang tidur, Orang yang kurang tidur cenderung akan lebih emosional dan akan gampang marah.


Yak, cukup segitu aja untuk hari ini. Semoga kalian tersembuhkan depresinya setelah membaca ini!

No comments:

Post a Comment