Sunday, August 26, 2012

Alternatif BBM untuk iOS dan Android

Halo semua.... :D maaf saya jadi jarang ngeblog, abisnya waktunya gak sempet sih.... Anyways... Artikel hari ini merupakan berbagai alternatif BBM (Blackberry Messenger) untuk para pengguna iOS dan Android, Cekidot.....

Blackberry sangatlah terkenal di Indonesia,semakin banyak orang yang memakai Blackberry sebagai alat komunikasi mereka. Saya sendiri juga pengguna BB,sudah lebih dari 3 tahun saya memakai Blackberry. Salah satu fitur yang digemari pengguna BB adalah aplikasi pesan BBM. BBM atau Blackberry Messenger adalah software messaging yang bisa dipakai untuk mengirim pesan,foto,file,bahkan video ke sesama pengguna BBM. Aplikasi ini membutuhkan paket data untuk bisa mengirim pesan,kebanyakan operator seluler Indonesia sudah menawarkan paket untuk BBM. Sayangnya,aplikasi yang sangat digemari orang ini tidak tersedia untuk Operating System lain seperti iOS dan Android. Nah,karena itu saya akan menulis tentang aplikasi-aplikasi messaging yang mirip dengan BBM yang dapat dipakai di perangkat berbasis iOS dan Android,semua aplikasi dibawah gratis alias nggak perlu bayar.

  • Line
Line adalah yang dibuat oleh perusahaan bernama Naver,aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dan juga menelpon ke sesama pengguna Line secara gratis,yg unik tentang line adalah selain emoticon dan symbol, pengguna dapat mengirim gambar berupa stiker yang tersedia sendiri dari Line.Untuk mengirim pesan dibutuhkan koneksi internet. Dibutuhkan seseorang untuk membuat account jika ingin menggunakan Line
  • Whatsapp
Whatsapp sudah sangat populer di Indonesia,aplikasi ini hampir sama seperti Line, tetapi aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk menelepon. Aplikasi ini memiliki indikator jika sebuah pesan sudah terkirim dan sudah diterima oleh lawan bicara. Whatsapp tersedia untuk iOS,Android,Windows Phone,Blackberry,dan Nokia. Whatsapp mengunakan koneksi internet untuk mengirim dan menerima pesan. Untuk menambah teman ke Whatsapp,anda hanya membutuhkan no. HP mereka dan akan secara otomatis dimasukan ke Whatsapp jika mereka jg memiliki aplikasi ini. Bahkan,pengguna dapat membuat grup seperti di BBM. Kekurangan Whatsapp yang kebanyakan orang belum tau adalah bahwa Whatsapp sebenarnya hanya Gratis untuk 1 tahun, tahun-tahun kemudiannya pengguna harus membayar sebanyak $0.99 per tahun.

  • Kik
Kik adalah aplikasi yang menurut saya, paling mirip dengan BBM. Aplikasi ini belum terlalu populer di kalangan pengguna smartphone di Indonesia. Aplikasi ini tersedia untuk Android,iOS,Blackberry, dan Windows Phone. Aplikasi ini memiliki indikasi seperti di BBM,yaitu S/Sent,D/Delivered,R/Read. Aplikasi ini menggunakan koneksi internet untuk dapat mengirim pesan. Aplikasi ini jg dapat mengirim foto ke sesama pengguna. memiliki add-on yg memungkinkan pengguna mengirim file,lagu,video,dan bahkan bermain game bersama. Untuk menggunakan kik, seseorang harus register sebagai user kik terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment